Barlius " Tingkatkan Budaya Membaca"



Mitra Rakyat.com(Padang)

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 18 Padang yang berada di jl. Balai Baru, Kecamatan Kuranji resmi memantapkan diri sebagai salah satu sekolah literasi di Kota Padang. Hal itu dilakukan setelah dilakukannya launching di sekolah setempat, Senin (1/4) oleh Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Barlius. Kegiatan ini juga bertepatan dengan memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 18 yang ke-40.

Barlius dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang dan Dinas Pendidikan menyambut baik upaya SMP Negeri 18 yang telah melaunching sebagai sekolah literasi. Sebagaimana literasi adalah program nasional yang mengharuskan semua sekolah memiliki literasi.

"Cuma ada indikator-indikatornya yang perlu dipenuhi oleh sekolah literasi itu, terutama kesediaan bacaan-bacaan bagi anak-anak. Kemudian budaya membaca dan menulis serta budaya berbicara berdasarkan argumentasi dan dasar-dasar," sebutnya.

Oleh karena itu menurut Barlius, dengan dilaunchingnya sekolah literasi bagi SMP Negeri 18 tentunya diharapkan sekoalh ini menjadi 'leader' atau pelopor dalam hal menggiatkan program literasi di sekolah. Siswa-siswinya rajin membaca, kemudian melahirkan karya tulis dan guru-gurunya juga demikian sehingga melahirkan karya tulis yang bisa dibaca dan bermanfaat bagi semuanya," tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, upaya seperti ini sangat positif sekali dan diharapkan mampu menginspirasi sekolah-sekolah di Kota Padang untuk melakukan hal yang sama. Karena Dinas Pendidikan Kota Padang sudah menginstruksikan kepada para kepala sekolah untuk memberi warna sekolah yang ia pimpin.

"Seperti ada sekolah yang berciri khas seni tradisional Minangkabau dan ada sekolah literasi atau olahraga yan ditonjolkan. Semakin banyak warna atau ciri khas di setiap sekolah tentu semakin bagus, dan kita harapkan bisa lebih digelorakan di Kota Padang ini.  Alhamdulillah di Kota Padang sudah ada 3 sekolah yang mencanangkan sekolah literasi ke depannya kita akan upayakan akan lebih banyak lagi," imbuhnya optimis.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 18, Nazir menyampaikan bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung, sehingga sekolah yang ia pimpin sekarang menjadi sekolah literasi.

"Launching ini merupakan hasil dari peringatan HUT ke-40 SMP Negeri 18 Padang yang kita lakukan. Untuk kegiatan lainnya kita juga menggelar lomba puisi, mendongeng dan sepak takraw antar SMP/MTs negeri dan swasta se-Kota Padang," terangnya.

Pencanangan sekolah literasi SMP Negeri 18 tersebut ditandai dengan pembukaan selubung nama plang literasi yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang bersama Kepala SMP Negeri 18 dan unsur terkait lainnya.(dv)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.