Dinas Pendidikan Adakan Pemilihan Duta Budaya Tingkat Kabupaten Pasaman



Mitra Rakyat (Pasaman)

Pasaman -- Dinas pendidikan kabupaten pasaman melalui kepala bidang kebudayaan mengadakan pemilihan duta budaya tingkat Kabupaten Pasaman dengan tema kita tingkatkan semangat dan Implementasi budaya minang "Adat Basandi Sara', Sara' Basandi Kitabullah" sebagai benteng kehidupan budaya di era globalisasi, Jumat (26/7/2019).

Hadir dalam kegiatan itu Kabid Budaya Ahmad Bukhari SH, beserta narasumber dari provinsi Sumatera Barat Musra Dahrizal Katik Jo Mangkuto dan kawan kawan bertempat di Wisma Equator Pasaman Lubuk Sikaping.

Jika berkunjung ke daerah MinangKabau kita mendapati nuansa Islam yang sangat kental. Daerah Minangkabau juga merupakan "penghasil" ulama nusantara. Tak heran karena masyarakat Minangkabau terkenal menerapkan kehidupan yang Islami berpadu dengan adat istiadat lokal.

Tatanan yang dipegang erat sebagai dasar hubungan adat dan agama adalah ungkapan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (adat bersendi syariat dan syariat bersendi kitab Allah SWT).

Musra Dahrizal biasa di panggil Mak Katik dengan ciri khas memakai kupiah (topi) Sampiah mengatakan, bahwa seluruh duta duta pernagari di harapkan bukan menang ataupun kalahnya tapi dia bisa menyampaikan kebudayaan dalam kontek adaik salingka nagari menurut adaik sabatang panjang (Adat selingkar nagari menurut adat sebatang panjang) dimana dia berada dapat menjadi corong kebudayaan minang kabau secara utuh.

Selanjutnya, tidak perlu cantik dan gagah yang perlu wawasan kebudayaan adat basandi sara' bersama pengajian Al Qur'an dan mengerti dengan adat itulah yang kita harapkan, ucapnya.

Kegiatan ini berjalan selama tiga hari  tanggal 25 s/d 27 Juli 2019 di ikuti 31 orang peserta dengan menampilkan Kemahiran dari beberapa budaya tradisi minang seperti, Azan, mengaji, silat, Randai serta lainnya.

Nantinya juara yang akan dipilih: rangmudo samoputi bungsu, rangmudo putibungsu wakil 1 sepasang, rangmudo putibungsu wakil 2 sepasang, rang mudo putibungsu bertalenta sepasang, rangmudo putibungsu persahabatan sepasang, jadi yang diutus untuk duta budaya tingkat provinsi Sumatera Barat hanya tiga orang pemenang rangmudo sama putibungsu.
(Mad).

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.