Tim Penilai Kwarcab Tergiat Sumbar Kunjungi Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman



Mitra Rakyat (Pasaman)

Pasaman -- Tim penilai Kwarcab Tergiat Tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kunjungi Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0308/Kabupaten Pasaman, terkait penilaian Kwarcab Pramuka Tergiat Tahun 2019, Rabu (7/8) bertempat di Sekretariat Kwarcab setempat.

Kedatangan rombongan tim penilai yang diketuai Kapusdiklatda Kwarda 03 Sumbar Candrianto tersebut, disambut oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Yusuf Lubis, Ka Kwarcab 0308/Pasaman Mara Ondak, Anggota Mabicab/unsur Muspida Kabupaten Pasaman, Sekretaris Kwarcab Nazri Can, Asisten, Kepala.OPD, Kepala Badan, Kantor/instansi Vertikal, Ka Kwaran beserta unsur pengurus dan andalan se pasaman, Ka Mabigus, pembina pramuka serta adik-adik pramuka penegak dan penggalang. Dan yang teristimewa, kakak-kakak Tim Penilai Kwarda 03 Sumbar.

Dalam kegiatan itu, Ketua Kwarcab 0308 gerakan pramuka Pasaman Mara Ondak juga menyampaikan ekspose nua terkait perkembangan kegiatan kepramukaan di wilayah kerja Kwarcab Pasaman.

Pendidikan kepramukaan, benar-benar menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal sebagaimana yang tertera dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional (Sisdiknas), dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Kata Ka Kwarcab, keberadaan Kwarcab Pasaman mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat, salah satu dukungan sarana dan pendanaan.

Untuk dukungan sarana, Kwarcab Pasaman telah difasilitasi bantuan sekretariat/kantor yang representatif, satu unit kendaraan roda empat dan lainnya.

Dengan laporan data mutakhir ini, diharapkan dapat menjadi sebagai bahan acuan dan informasi tentang perkembangan kegiatan kepramukaan kabupaten Pasaman terutama menjadi acuan bagi Tim penilai pada penilaian Kwarcab Pramuka Tergiat Tahun 2019 ini.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) yang juga Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis dalam amanatnya menyebutkan,  pada hari ini kita dikunjungi oleh Tim penilai Kwarcab Tergiat tahun 2019. Sebagaimana yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, Kwarcab Pasaman dari tahun 2004  sampai tahun 2018 twlah mengukir prestasi sebagai Kwarcab Tergiat I (satu) Tingkat Sumbar pada tahun 2018.

Tahun ini kita juga berharap dapat mempertahankan prestasi yang telah ada, untuk itu kepada kakak-kakak Tim penilai Kwarda 03 Sumbar kami persilahkan untuk menilai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kwarcab Pasaman. "Nilai lah apa adanya dan se objektif mungkin. Semoga Kwarcab Pasaman pada tahun ini, kalau tidak dapat bertahan menjadi nomor satu minimal menjadi yang terbaik kembali," pinta Bupati.

Sementara itu, Chandrianto selaku Pejabat Kapusdiklatda Sumbar yang juga selaku ketua Tim penilai mengatakan, gerakan pramuka adalah gerakan membangun generasi muda dan mencari calon pemimpin masa depan.

Katanya, penilaian Kwarcab tergiat yang dibarengi dengan pembinaan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar di Kabupaten/Kota se-Sumbar merupakan agenda rutin sekali lima tahun, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang Pramuka.

“Penilaian Kwarcab tergiat ini kita lakukan untuk melihat dan memberi apresiasi atas program kerja yang telah dilaksanakan masing-masing kwarcab setiap daerah, dan pada tahun ini dari 19 kwarcab di Provinsi Sumatera Barat, 19 yang akan kita lakukan penilaian seperti ini,” ujar Candrianto.

Disamping itu, lomba Kwarcab tergiat tingkat Sumbar ini sebenarnya hanyalah sebuah alat untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang di Sumbar.

Dalam penilaian Kwarcab tergiat ini ada beberapa aspek yang akan dinilai, seperti aspek organisasi dalam gerakan kepramukaan, pendidikan dan pelatihan. Di antara meliputi apa saja yang dilaksanakan dalam pembinaan orang dewasa dan anggota muda dalam gerakan pramuka, bidang abdimas dan humas.

Kemudian, administrasi usaha dan keuangan, kegiatan kesakaan dan beberapa potensi peserta didik yang telah berhasil dalam kepramukaan serta kegiatan partisipasi yang telah dilakukan kwartir cabang selama tahun 2018.

Dia menambahkan, jika pemenang nanti akan diumumkan pada hari pramuka yang akan dipusatkan di Bumi Perkemahan belakang Istano Basa Pagaruyung. Tahun ini peringatan hari pramuka akan kita pusatkan di Kabupaten Tanahdatar, direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September nanti. (mad)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.